Rabu, 17 Juli 2019

Perkembangbiakan Vegetatif Alami


Adapun didalam Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan adalah suatu perkembangbiakan aseksual yg dapat terjadi tanpa adanya campur tangan dari pihak lainnya seperti manusia. Langsung saja bisa kalian lihat beberapa Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan antara lain :
1. Umbi Batang
Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan memakai sistem Umbi Batang ialah dengan cara batang yg tumbuhnya berada didalam tanah, dimana batangnya akan mengembang, lalu bisa membentuk suatu umbi dan Fungsi Umbi inilah yg dpt dipakai sebagai tempat menyimpan suatu Cadangan Makanan dalam bentuk Karbohidrat. Contoh Umbi Batang ini antara lain :
– Kentang
– Bengkuang
– Ubi Jalar, dan lain lain
2. Umbi Lapis
Umbi Lapis ini adalah pelepah daun yg memiliki bentuk berlapis – lapis, pada bagian atasnya akan tumbuh serta di bagian bawahnya akan tumbuh akar yg disebut dengan serabut. Contoh Umbi Lapis ini antara lain
– Bawang Merah
– Bawang Putih
– Bunga Bakung
– Bunga Tulip
3. Umbi Akar
Umbi Akar ini adalah akar yang dijadikan sebagai tempat cadangan makanannya. Contoh Umbi Akar ini antara lain :
– Singkong
– Wortel
– Lobak
– Tanaman Tahlia
4. Akar Tinggal
Akar Tinggal ini adalah batang yg tumbuhnya menjalar pada bagian permukaan tanah, dan beberapa Contoh Akar Tinggal ini antara lain :
– Lengkuas
– Jahe
– Kunyit
– Kencur
5. Geragih atau Stolon
Geragih atau Stolon ini adalah suatu batang yg tumbuh secara mendatar di bagian permukaan tanah, di bagian tumbuhan yg menyentuh tanah tersebut nantinya akan tumbuh akarnya dan bagian akarnya inilah yg dpt ditanam kembali. Beberapa Contoh Geragih dan Stolon ini antara lain
– Stroberi
– Antanan
– Arbei
– Rumput Teki
6. Tunas
Tunah ini adalah tunas dari tumbuhan induknya lalu memjadi tunas yg baru serta tentunya bisa ditanam kembali. Beberapa Contoh Tunas ini antara lain
– Bambu
– Tebu
– Pisang
7. Tunas Adventif
Tunas Adventif ini ialah tunas yg tumbuh pada bagian tepi daun akan tumbuh akar. Salah satu Contoh Tunas Adventif ini ialah tanaman cocor bebek, dan Cocor Bebek ini sangatlah mudah untuk ditanam karena cukup diletakkan di Tanah pada Daun yang sudah Tua, nanti akan Tumbuh Tunas – Tunas yg baru.

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Tumbuhan

Kemudian didalam Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan adalah suatu perkembangbiakan aseksual yg dapat terjadi dengan adanya campur tangan dari pihak lainnya seperti bantuan (campur tangan) dari Manusia. Lalu 5 Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan antara lain :
1. Mencangkok
Mencangkok adalah salah satu usaha untuk mengembangbiakkan Tumbuhan dg memakai cara membuat suatu Akar Baru di Bagian Batang Tumbuhan tersebut. Lalu Batang yg sdh tumbuh akarnya itu bisa dipotong dan ditanam menjadi suatu Tanaman yang baru. Contoh Tumbuhan yang bisa dicangkok antara lain
– Jambu
– Mangga
– Belimbing
– Jeruk
2. Stek
Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan dengan cara Stek ini adalah dengan menanam potongan bagian tertentu dari Tanaman tersebut.
3. Merunduk
Cara Memperkembangbiakan Buatan Pada Tumbuhan dengan Cara Merunduk ini ialah dengan cara membengkokkan sebagin Batang tau Ranting dan nantinya memendamkannya ke dlm Tanah. Contoh Tumbuhan dengan Cara Merunduk ini antara lain :
– Apel
– Bugenvil
4. Menempel (Okulasi)
Cara Okulasi atau Menempel ini adalah dengan cara menempelkan suatu Tunas Muda di Batang (Ranting) Tanaman Induk. Cara ini bertujuan untuk menggabungkan 2 sifat tanaman yg berbeda sehingga dapat memperoleh Tanaman yg sifatnya lebih baik dari Induk’kannya. Contoh Tanaman yang bisa di Okulasi antara lain
– Jeruk
– Durian
– Rambutan
5. Menyambung (Kopulasi)
Cara Memperkembangbiakan Tumbuhan Secara Buatan dengan Menyambung ini ialah dengan menggabungkan Batang Bawah dan Batang Atas dari suatu Tanaman yg berbeda, sehingga akan memperoleh Tanaman yang baru.
Demikianlah pembahasan mengenai Teknik dan Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Secara Alami dan Buatan pada Tumbuhan (Tanaman). Semoga saja pembahasan tentang Materi Biologi Dasar ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Online di Situs Mistamaja HP ini, karena sebagai Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Pelajar (Siswa – Siswi) di Indonesia yang belum begitu mengetahui tentang Materi Biologi Dasar ini.

1 komentar:
Write komentar
  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus