Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat
efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan
secara baik dan benar. Tentu saja karena kita berbicara tentang bahasa Indonesia, kaidah yang menjadi patokan kalimat
efektif dalam bahasan ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut ejaan yang disempurnakan (EYD).
Syarat Kalimat Efektif
Pada
dasarnya, ada empat syarat utama sebuah kalimat dapat dikatakan efektif atau
tidak.
1. Sesuai EYD
Sebuah
kalimat efektif haruslah menggunakan ejaan maupun tanda baca yang tepat. Kata
baku pun mesti menjadi perhatian agar tidak sampai kata yang kamu tulis
ternyata tidak tepat ejaannya.
2. Sistematis
Sebuah
kalimat paling sederhana adalah yang memiliki susunan subjek dan predikat,
kemudian ditambahkan dengan objek, pelengkap, hingga keterangan. Sebisa mungkin
guna mengefektifkan kalimat, buatlah kalimat yang urutannya tidak memusingkan.
Jika memang tidak ada penegasan, subjek dan predikat diharapkan selalu berada
di awal kalimat.
3. Tidak Boros
dan Bertele-tele
Jangan
sampai kalimat yang kalian buat terlalu banyak menghambur-hamburkan kata dan
terkesan bertele-tele. Pastikan susunan kalimat yang kalian rumuskan pasti dan
ringkas agar orang yang membacanya mudah menangkah gagasan yang kalian
tuangkan.
4. Tidak Ambigu
Syarat kalimat efektif yang terakhir, kalimat efektif menjadi sangat
penting untuk menghindari pembaca dari multiftafsir. Dengan susunan kata yang
ringkas, sistemastis, dan sesuai kaidah kebahasaan; pembaca tidak akan
kesulitan mengartikan ide dari kalimat kalian sehingga tidak ada kesan ambigu.
Ciri-ciri Kalimat Efektif
Untuk membuat kalimat efektif tidaklah sulit asalkan sudah memahami
ciri-ciri suatu kalimat dikatakan efektif. Berikut ini adalah 5 ciri-ciri
sehingga suatu kalimat dapat kita katakan efektif.
1. Kesepadanan Struktur
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kelengkapan struktur dan
penggunaannya. Inilah yang dimaksud dengan kesepadanan struktur. Ada beberapa
hal yang menyangkut ciri-ciri yang satu ini.
a. Pastikan kalimat yang dibuat mengandung
unsur klausa minimal yang lengkap, yakni subjek dan predikat.
b. Jangan taruh kata depan (preposisi) di
depan subjek karena akan mengaburkan pelaku di dalam kalimat tersebut.
Contoh kalimat efektif dan tidak efektif:
Bagi semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (tidak efektif)
Semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (efektif)
Bagi semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (tidak efektif)
Semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (efektif)
c. Hati-hati pada penggunaan konjungsi yang di
depan predikat karena membuatnya menjadi perluasan dari subjek.
Contoh:
Dia yang pergi meninggalkan saya. (tidak efektif)
Dia pergi meninggalkan saya. (efektif)
Dia yang pergi meninggalkan saya. (tidak efektif)
Dia pergi meninggalkan saya. (efektif)
d. Tidak
bersubjek ganda, bukan berarti subjek tidak boleh lebih dari satu, namun lebih
ke arah menggabungkan subjek yang sama.
Contoh:
Adik demam sehingga adik tidak dapat masuk sekolah. (tidak efektif)
Adik demam sehingga tidak dapat masuk sekolah. (efektif)
Adik demam sehingga adik tidak dapat masuk sekolah. (tidak efektif)
Adik demam sehingga tidak dapat masuk sekolah. (efektif)
2. Kehematan
Kata
Karena
salah satu syarat kalimat efektif adalah ringkas dan tidak bertele-tele, kalian
tidak boleh menyusun kata-kata yang bermakna sama di dalam sebuah kalimat. Ada
dua hal yang memungkinkan kalimat membuat kalimat yang boros sehingga tidak
efektif. Yang pertama menyangkut kata jamak dan yang kedua mengenai kata-kata
bersinonim. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini contoh mengenai
kesalahan dalam kata jamak dan sinonim yang menghasilkan kalimat tidak efektif.
Contoh
Kata Jamak:
Para siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (tidak efektif)
Siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (efektif)
Para siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (tidak efektif)
Siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (efektif)
Ketidakefektifan terjadi karena kata para merujuk
pada jumlah jamak, sementara siswa-siswi juga mengarah pada jumlah siswa yang
lebih dari satu. Jadi, hilangkan salah satu kata yang merujuk pada hal jamak
tersebut.
Contoh
Kata Sinonim:
Ia masuk ke dalam ruang kelas. (tidak efektif)
Ia masuk ruang kelas.
Ia masuk ke dalam ruang kelas. (tidak efektif)
Ia masuk ruang kelas.
Ketidakefektifan
terjadi karena kata masuk dan
frasa ke dalam sama-sama
menunjukkan arti yang sama. Namun, kata masuk lebih
tepat membentuk kalimat efektif karena sifatnya yang merupakan kata kerja dan
dapat menjadi predikat. Sementara itu, jika menggunakan ke dalam dan
menghilangkan kata masuk—sehingga
menjadi ia ke dalam ruang kelas—kalimat
tersebut akan kehilangan predikatnya dan tidak dapat dikatakan kalimat efektif
menurut prinsip kesepadanan struktur.
3. Kesejajaran
Bentuk
Ciri-ciri
yang satu ini menyangkut soal imbuhan dalam kata-kata yang ada di kalimat,
sesuai kedudukannya pada kalimat itu. Pada intinya, kalimat efektif haruslah
berimbuhan pararel dan konsisten. Jika pada sebuah fungsi digunakan imbuhan me-, selanjutnya imbuhan yang sama
digunakan pada fungsi yang sama.
Contoh:
Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan pengolahannya. (tidak efektif)
Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan mengolahnya. (efektif)
Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan pengolahannya. (tidak efektif)
Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan mengolahnya. (efektif)
4. Ketegasan
Makna
Tidak
selamanya subjek harus diletakkan di awal kalimat, namun memang peletakan
subjek seharusnya selalu mendahului predikat. Akan tetapi, dalam beberapa kasus
tertentu, kalian bisa saja meletakkan keterangan di awal kalimat untuk memberi
efek penegasan. Ini agar pembaca dapat langsung mengerti gagasan utama dari
kalimat tersebut. Penegasan kalimat seperti ini biasanya dijumpai pada jenis
kalimat perintah, larangan, ataupun anjuran yang umumnya diikuti partikel lah atau pun.
Contoh:
Kamu sapulah lantai rumah agar bersih! (tidak efektif)
Sapulah lantai rumahmu agar bersih! (efektif)
Kamu sapulah lantai rumah agar bersih! (tidak efektif)
Sapulah lantai rumahmu agar bersih! (efektif)
5. Kelogisan
Kalimat
Ciri-ciri
kalimat efektif terakhir yang amat krusial menyangkut kelogisan kalimat yang
kalian buat. Kelogisan berperan penting untuk menghindari kesan ambigu pada
kalimat. Karena itu, buatlah kalimat dengan ide yang mudah dimengerti dan masuk
akal agar pembaca dapat dengan mudah pula mengerti maksud dari kalimat
tersebut.
Contoh:
Kepada Bapak Kepala Sekolah, waktu dan tempat kamu persilakan. (tidak efektif)
Bapak Kepala Sekolah dipersilakan menyampaikan pidatonya sekarang. (efektif)
Kepada Bapak Kepala Sekolah, waktu dan tempat kamu persilakan. (tidak efektif)
Bapak Kepala Sekolah dipersilakan menyampaikan pidatonya sekarang. (efektif)
SOAL LATIHAN
(1)
Para hadirin semua yang sangat terhormat kami ucapkan terima kasih atas
partisipasi yang telah diberikan. (2) Semoga amal budi para ibu/bapak mendapat
imbalan dari Tuhan.
Agar
kalimat (1) menjadi kalimat efektif, kata yang harus dihilangkan adalah....
A.
hadirin, sangat, dan yang
B.
para, semua, dan sangat
C.
hadirin, yang, dan sangat
D.
para, sangat, dan terhormat
(2)
Kepada semua siswa peserta lomba, agar segera masuk ke dalam ruang seleksi. (2)
Pelaksanaan lomba akan segera dimulai.
Agar
kalimat tersebut efektif, kata yang dihilangkan adalah ...
A.
semua, lomba, masuk
B.
kepada, siswa, segera
C.
semua, peserta, agar
D.
kepada, semua, lomba
(3)
Berikut ini adalah kalimat yang tidak efektif …
A.
Pemerintah harusnya tidak antirakyat.
B.
Kenaikan harga sembako membuat rakyat menjerit.
C.
Cara untuk merawat kulit adalah sangatlah mudah.
D.
Menjaga kesehatan tidaklah semudah yang dikira.
(4)
Cermati paragraf berikut!
(1)
Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang produksi
barang ataupun jasa. (2) Barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan
kolega dan pelanggan. Sebagai sebuah organisasi, perusahaan harus bersaing
dengan perusahaan lainnya. (3) Agar dapat tampil sebagai pemenang, menejemen
harus memiliki keunggulan. (4) Salah satu keunggulan tersebut adalah keunggulan
komparatif yang tercermin pada berbagai pelayan yang diberikan.
Kalimat
yang menggunakan kata tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor
....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
(5)
Cermati paragraf berikut!
(1)
Potensi wilayah bahari telah menjadi penggerak ekonomi di Indonesia. (2)
Penyebabnya adalah pariwisata telah mampu menggerakkan banyak sektor ekonomi
lainnya. (3) Di sekitar tempat wisata biasanya sering selalu dibarengi dengan
pertumbuhan industri perhotelan dan rumah makan. (4) Selain itu, berkembang pula industri jasa, seperti pemandu wisata,
transportasi dan persewaan.
Kalimat
tidak efektif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
(6)
Cermatilah kalimat berikut!
Badu
harus bertalian orang yang bersangkutan jika ingin mengetahui perdebatannya
lebih jelas lagi.
Perbaikan
kata tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah
....
A.
menghampiri, perselisihannya
B.
berkaitan, pembahasannya
C.
bersambung, perbincangannya
D.
menghubungi, persoalannya
(7)
Cermati kalimat berikut!
Setiap
orang dianjurkan mengomsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar
supaya dapat beraktivitas produktif.
Perbaikan
tepat kalimat tidak efektif di atas adalah ....
A.
Setiap orang dianjurkan mengomsumsi makanan yang cukup mengandung energi agar
supaya dapat beraktivitas produktif
B.
Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya
dapat beraktivitas produktif
C.
Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar dapat
beraktivitas produktif
D.
Setiap orang dianjurkan mengomsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi
agar mereka dapat beraktivitas produktif
(8)
Setelah sekian lama akhirnya Andi mampu mempikat hati Rosalina dan minggu depan
ia akan mempersuntingnya gadis cantik itu.
Pada
kata bergaris miring di atas seharusnya ialah …
A.
Memikat
B.
Meperikat
C.
Mengikat
D.
Pikat
(9)
Kerasnya upaya kami dalam menjuangkan nasib para buruh akhirnya sedikit
membuahkan hasil yang signifikan.
Kesalahan
penggunaan kata dalam kalimat di atas ialah …
A.
Kerasnya, seharusnya sekerasnya
B.
Menjuangkan, seharusnya memperjuangkan
C.
Akhirnya, seharusnya akhiri
D.
Sedikit, seharusnya sesedikit mungkin
(10)
Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini! :
(1).
Pemberian penghargaan dapat menstimulasi semangat berkarya pemuda.
(2).
Kurangnya apresiasi dapat mengakibatkan malasnya pemuda dalam berkarya.
(3).
Aris menabung dengan tujuan ingin membeli mobil baru.
(4).
Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.
Kalimat
tidak efektif ditunjukkan pada kalimat nomor …
Jawaban
:
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
KERJAKAN LAGI YA....
1. Kerasnya upaya
kami dalam menjuangkan nasib para buruh akhirnya sedikit membuahkan hasil yang
signifikan.
Kesalahan
penggunaan kata dalam kalimat di atas ialah …
A.
Kerasnya, seharusnya sekerasnya
B. Menjuangkan, seharusnya memperjuangkan
C. Akhirnya, seharusnya akhiri
D. Sedikit, seharusnya sesedikit mungkin
B. Menjuangkan, seharusnya memperjuangkan
C. Akhirnya, seharusnya akhiri
D. Sedikit, seharusnya sesedikit mungkin
2.
Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini :
(1).
Pemberian penghargaan dapat menstimulasi semangat berkarya pemuda.
(2). Kurangnya apresiasi dapat mengakibatkan malasnya pemuda dalam berkarya.
(3). Aris menabung dengan tujuan ingin membeli mobil baru.
(4). Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.
(2). Kurangnya apresiasi dapat mengakibatkan malasnya pemuda dalam berkarya.
(3). Aris menabung dengan tujuan ingin membeli mobil baru.
(4). Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.
Kalimat
tidak efektif ditunjukkan pada kalimat nomor …
Jawaban
:
A.
(1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
3.
Husein menasehati Ani agar dirinya belajar mengendarai sepeda motor. Supaya
dirinya tak selalu menggantungkan dirinya kepada Husein untuk mengantarnya
kemana-mana. Kini Husen telah sibuk bekerja sehingga tak punya banyak waktu
untuk mengantar Ani pergi ke kampusnya. Bulan depan Ani sudah mulai aktif
kuliah. Ia mendapatkan beasiswa bidik misi di kampusnya.
Kalimat
yang tidak padu dalam paragraf di atas ialah …
A.
Husein menasehati Ani agar dirinya belajar mengendarai sepeda motor.
B. Supaya dirinya tak selalu menggantungkan dirinya kepada Husein untuk mengantarnya kemana-mana.
C. Kini Husen telah sibuk bekerja sehingga tak punya banyak waktu untuk mengantar Ani pergi ke kampusnya.
D. Ia mendapatkan beasiswa bidik misi di kampusnya.
B. Supaya dirinya tak selalu menggantungkan dirinya kepada Husein untuk mengantarnya kemana-mana.
C. Kini Husen telah sibuk bekerja sehingga tak punya banyak waktu untuk mengantar Ani pergi ke kampusnya.
D. Ia mendapatkan beasiswa bidik misi di kampusnya.
4. Pondok Pesatren
dewasa ini menjadi … pilihan yang cukup baik dalam upaya pendidikan bagi anak.
Sistem pendidikan agama yang secara khusus … dengan pendidikan umum menjadi
nilai jual yang cukup menjanjikan. Selain itu para santri juga secara langsung
akan terdidik disiplin dengan … pembelajaran yanga ada di pondok pesantren.
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang pada paragraf di atas ialah …
A.
Alternatif, diintegrasikan, pola
B. Suprematif, reboisasi, konsep
C. Komposisi, perubahan, akulturasi
D. Kompetitif, toleransi, pluralis
B. Suprematif, reboisasi, konsep
C. Komposisi, perubahan, akulturasi
D. Kompetitif, toleransi, pluralis
5.
Obat mujarab ini memiliki berbagai khasiat seperti melancarkan peredaran darah,
… nafsu makan, dan meningkatkan stamina pria.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk mengisi kekosongan pada kalimat di atas ialah …
A.
Menambahkan
B. Menambahi
C. Menambah
D. Ditambahkan
B. Menambahi
C. Menambah
D. Ditambahkan
6.
Di pulau yang bernama Dresrossa itulah, Luffy dan … bertemu dengan seorang
kriminal besar yang dijuluki sebagai Joker.
A.
Pertemanan-pertemanan
B. Teman-temanan
C. Temani-temani
D. Teman-temannya
B. Teman-temanan
C. Temani-temani
D. Teman-temannya
7.
Dimanapun kita berada akan tetap terbiasa hidup bersih jika kita telah
dibiasakan di rumah.
Kata
bergaris bawah pada kalimat di atas sebaiknya diperbaiki dengan kata …
A.
Biasa-biasa
B. Membiasakannya
C. Biasa saja
D. Tak biasa
B. Membiasakannya
C. Biasa saja
D. Tak biasa
8.
Pekerjaan yang dilakukan dengan sangat profesional sekali akan membuahkan hasil
yang begitu maksimal dan sangat bermanfaat bagi seluruh banyak manusia di
sekitarnya.
Pada
kalimat di atas perlu menghilangkan beberapa kata sehingga menjadi kalimat yang
efektif.
Beberapa
kata yang perlu dihilangkan pada kalimat tersebut ialah
A.
Sekali, seluruh
B. Maksimal, bermanfaat
C. Banyak, manusia,
D. Pekerjaan, dilakukan
B. Maksimal, bermanfaat
C. Banyak, manusia,
D. Pekerjaan, dilakukan
9.
Menyikat gigi tak hanya di lakukan ketika setelah sarapan pagi, tetapi juga
dilakukan pada saat sebelum memulai tidur di malam hari.
Pada
kalimat tersebut terdapat beberapa hal yang tidak tepat, ketidaktepatan
tersebut berupa …
A.
penulisan menyikat seharusnya mensikat
B. Penulisan awalan di pada “di lakukan” dan “di malam” semestinya digabung karena tidak menunjukkan keterangan tempat
C. Di malam hari seharusnya diganti dengan si siang hari
D. Sebelum memulai tidur seharusnya diganti dengan sebelum bekerja
B. Penulisan awalan di pada “di lakukan” dan “di malam” semestinya digabung karena tidak menunjukkan keterangan tempat
C. Di malam hari seharusnya diganti dengan si siang hari
D. Sebelum memulai tidur seharusnya diganti dengan sebelum bekerja
10.
Pemberian dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) dinilai sebagai langkah yang tidak
… bagi masyarakat. Mengingat bantuan ini bersifat … yang akan cepat habis.
Seharusnya pemberian bantuan dilakukan dengan cara pelatihan kerja atau wirausaha
serta pembukaan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya agar rakyat bisa lebih …
dan ….
Istilah
yang tepat untuk mengisi ruang rumpang pada kalimat-kalimat di atas ialah …
A.
Mendidik, Konsumtif, produktif, mandiri
B. Pendidikan, konsumsi, produktivitas, kemandirian
C. Didiklah, Kosumen, produsen, berdikari
D. Didik, mengonsumsi, meproduksi, memandirikan
B. Pendidikan, konsumsi, produktivitas, kemandirian
C. Didiklah, Kosumen, produsen, berdikari
D. Didik, mengonsumsi, meproduksi, memandirikan
11.
Salah satu objek wisata dikabupaten Pesisir Barat adalah pulau Pisang.
Kesalahan
penulisan pada kalimat di atas ditunjukkan pada …
A.
Objek seharusnya subyek
B. Barat seharusnya timur
C. Penulisan kata hubung “di” pada dikabupaten seharusnya dipisah
D. Pulau pisang seharusnya pulau nias
B. Barat seharusnya timur
C. Penulisan kata hubung “di” pada dikabupaten seharusnya dipisah
D. Pulau pisang seharusnya pulau nias
12.
Terima kasih banyak telah sudi memberikan tumpangan pada saya, saya sangat
merasa tertolong!
Kesalahan
penggunaan tanda baca pada kalimat di atas ialah …
A.
Pada awala kalimat dan akhir kalimat seharusnya diberi tanda petik (“)
B. Di akhir kalimat seharusnya diberi tanda tanya (?)
C. Setelah kata “Terima kasih” seharusnya diberi tanda koma (,)
D. Setelah kata “tertolong” seharusnya diberi tanda titik (.) buka tanda seru (!)
B. Di akhir kalimat seharusnya diberi tanda tanya (?)
C. Setelah kata “Terima kasih” seharusnya diberi tanda koma (,)
D. Setelah kata “tertolong” seharusnya diberi tanda titik (.) buka tanda seru (!)
13.
Ibu membuat kue cucur sangat terlalu manis, sehingga tak enak dimakan.
Kalimat
tersebut akan menjadi efektif dihilangkan kata …
A.
Dihilangkan kata “Ibu”
B. Dihilangkan kata “cucur”
C. Dihilangkan kata “enak”
D. Dihilangkan kata “sangat”
B. Dihilangkan kata “cucur”
C. Dihilangkan kata “enak”
D. Dihilangkan kata “sangat”
14. Setelah sekian
lama akhirnya Andi mampu mempikat hati Rosalina dan minggu depan ia akan
mempersuntingnya gadis cantik itu.
Pada
kata bergaris miring di atas seharusnya ialah …
A.
Memikat
B. Meperikat
C. Mengikat
D. Pikat
B. Meperikat
C. Mengikat
D. Pikat
15.
Pada akhirnya Alif mampu … pertaruhan dengan Raja untuk … foto Sarah, seorang
gadis cantik keponakan Kiai Rais.
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat ruang rumpang di atas ialah …
A. Memenangkan, mendapatkanB. Menang, dapat
C. Dimenangkan, didapatkan
D. Menang, didapatkan
Tidak ada komentar:
Write komentar